Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Blora

Ahli Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Blora . Perkampungan Tumang, Cepogo berada di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan tersebut disebut sbg sentra bisnis seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa keluarga Cepogo-Jawa Tengah membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekedar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, juga lainnya akan tetapi sekarang telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan eksterior cafe, rumah, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia juga manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah juga banyak negara. Teknologi internet cukup menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke samarinda. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke metro.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya design pribadi lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini adalah beberapa variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi sebab bahan yg dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya jg murah sebab bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja akan ditambah ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lain-lain, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapatkan harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tsb, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diwajibkan inovatif juga diwajibkan memantau keinginan pasar. Kini AA Gallery nggak sekedar mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun telah bertambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi nggak sekedar satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari banjarmasin. Berbekal pengalaman puluhan th berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu cara untuk membuat seni kuningan yg ber-quality juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar