Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Pulau Taliabu

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Pulau Taliabu . Kampung Tumang, Cepogo posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Kampung tsb diketahui sbg sentra produsen kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah memilih bisnis rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, baskom, dan lain-lain tetapi sekarang ini telah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan eksterior restoran, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, masa ini, mulai menarik dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan tembaga semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yakni adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka akan memudahkan para ahli kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi internet memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jayapura. Tidak cuma tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke batam.



Contoh Seni Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pembeli jg dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai desain pribadi kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yg dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentunya secara otomatis dikenai ongkir.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain-lain, ahli Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat menerima harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan harus kreatif dan harus menyesuaikan selera konsumen. Sekarang AA Gallery nggak cuma menerima permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor namun telah bertambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak cuma satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari padang sidempuan. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti metode guna memproduksi kerajinan logam yg ber-quality dan sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar