Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Produsen Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur . Desa Tumang, Jateng posisinya diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tersebut diketahui sebagai pusat perajin seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Cepogo mendirikan kerja di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, juga sebagainya walau demikian kini telah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat keperluan ornamen hotel, kantor, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, masa ini, mulai bergairah dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di NKRI juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya merupakan hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi website maka akan menolong para perajin kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi website begitu menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta selatan. Nggak hanya tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke salatiga.



Contoh Seni Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam begitu bervariasi walau demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini merupakan banyak faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya semestinya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain, pebisnis Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tersebut, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tak hanya mendapat pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah tetapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak hanya satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari cilegon. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik untuk membuat kerajinan logam yang memiliki kualitas juga cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar