Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Sumba Barat

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Sumba Barat . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai sentra ahli seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Tumang mendirikan usaha di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai pasar. Skill menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan sebagainya tetapi saat ini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan buat keperluan interior restoran, rumah, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai bergairah dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang cepat. Banyak orderan datang dari berbagai wilayah di Republik Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yaitu hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan logam buat mengiklankan produknya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi internet amat menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke sorong. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tangerang.



Contoh Seni Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Customer juga bisa memesan kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa memiliki design sendiri lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan amat bervariasi tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu saja harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja auto dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Problem lain-lain, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, produsen kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga diwajibkan inovatif dan diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Saat ini AA Gallery tak cuma mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah namun sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang desain kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak cuma satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari tebing tinggi. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti teknik guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualiti dan cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar