Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bolaang Mongondow Timur . Kampung Tumang, Jateng posisinya diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut disebut sbg sentra produsen seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jateng. Banyak saudara Cepogo-Boyolali membangun kerja di rumah kerajinan logam untuk dijual ke berbagai konsumen. Skill menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, alat merebus air, juga lainnya tapi sekarang ini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi masjid, gedung, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai bergairah dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi internet amat menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kediri. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke langsa.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Customer juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa punya desain sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam amat beraneka ragam tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yakni beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini tentunya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya tentunya auto ditambah ongkir.

Problem para produsen kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lain-lain, produsen Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dapat mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan wajib kreatif juga wajib memantau keinginan masyarakat. Saat ini AA Gallery nggak sekadar mendapat permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor namun telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekadar satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari prabumulih. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti metode untuk memproduksi kerajinan kuningan yang berkualitas juga cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar