Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kota Tanjung Pinang

Produsen Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kota Tanjung Pinang . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung tersebut dikenal sbg sentra pengusaha seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Boyolali-Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai konsumen. Skill mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, teko, & sebagainya namun saat ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan eksterior cafe, gedung, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai menarik dengan naiknya orderan, baik orderan nasional atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh pesat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Tercinta & luar negeri. Orderan kerajinan logam semakin begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yaitu munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke semarang. Tak hanya tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta selatan.



Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan sangat bervariasi namun AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Antara lain ini yaitu beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Problem lain, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery nggak hanya mendapat orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel tetapi telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari cilegon. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang berkualiti & sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar