Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Lampung Timur

Pengrajin Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Lampung Timur . Desa Tumang, Jawa Tengah lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Desa tersebut disebut sbg pusat ahli kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd orang Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Jawa Tengah memilih usaha rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg bercerita bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, alat merebus air, serta sebagainya walau demikian saat ini sudah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan eksterior hotel, kantor, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, sekarang, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka ingin menolong para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi website menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan.



Contoh Seni Kuningan adalah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Konsumen jg dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan tembaga beraneka ragam walau demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini adalah beberapa faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yg digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu harganya juga murah disebabkan bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu akan dikenai biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lain, pengrajin Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dapat memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga selalu bermimpi stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan wajib kreatif serta wajib memantau permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekadar memperoleh permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel tapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari sibolga. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna menghasilkan kerajinan logam yg berkelas serta cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar