Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Lima Puluh Kota

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Lima Puluh Kota . Desa Tumang, Jateng terletak di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa Tumang tersebut diketahui sebagai sentra industri seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd khalayak Tumang, Jateng. Beberapa family Jateng mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, & lainnya tapi sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk keperluan ornamen cafe, rumah, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Jateng, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn naiknya permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di NKRI & manca negara. Pesanan kerajinan logam meningkat begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau menolong para perajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke prabumulih. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bukit tinggi.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Customer jg dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu bermacam-macam tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lain, pengusaha Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tersebut, perajin kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan wajib kreatif & wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery nggak hanya mendapat permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior hotel tetapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari banjarmasin. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah paham cara guna membuat seni logam yang memiliki kualitas & cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar