Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Aceh Besar

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Aceh Besar . Perkampungan Tumang, Jateng terletak diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai sentra produsen kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd publik Tumang, Jateng. Beberapa saudara Cepogo-Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, serta sebagainya namun saat ini sudah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan eksterior masjid, kantor, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang, mulai memberi harapan dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari beragam wilayah di NKRI serta manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya adalah munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke serang. Tak hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke padang panjang.



Contoh Seni Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt punya rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat beragam namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini adalah lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lain-lain, pengrajin Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, ahli kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan inovatif serta diharuskan memantau permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery nggak hanya mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi kantor tapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari pariaman. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu cara untuk membuat kerajinan logam yang berkualitas serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar