Rabu, 04 Maret 2020

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Magelang

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Magelang . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tsb disebut sbg sentra industri seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam pasar. Skill mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, and lainnya namun sekarang telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior masjid, kantor, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, saat ini, mulai menggeliat dengan naiknya orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta and luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan meningkat cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan produknya ke semua daerah and banyak negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke bandaaceh. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke bogor.



Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Konsumen juga dpt memesan kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya design sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan kuningan sangat beragam namun AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yakni lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya auto dikenai ongkir.

Problem para perajin kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lainnya, perajin Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengusaha kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diwajibkan kreatif and diwajibkan menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tak cuma meraih orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior rumah namun telah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak cuma satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari sawahlunto. Bermodalkan pengalaman puluhan th berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu metode guna memproduksi kerajinan logam yang berkualitas and sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar