Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Buleleng

Pengrajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Buleleng . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur itu. Desa Tumang tersebut diketahui sebagai pusat pengrajin seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Tumang memilih usaha rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Skill mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, dan lainnya walaupun demikian sekarang sudah bertolak ke kerajinan logam untuk kebutuhan asesoris restoran, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga bertambah cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya adalah adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi internet memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kendari. Tak cuma itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke payakumbuh.



Contoh Seni Logam Kuningan adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin saja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini ini adalah lebih dari satu variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg digunakan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lain, pebisnis Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat meraih harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam wajib inovatif dan wajib menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery tak cuma meraih pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak cuma satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari surakarta. Bermodal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik guna memproduksi kerajinan tembaga yg bermutu dan sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar