Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tuban

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tuban . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur . Kampung Tumang tersebut dikenal sbg sentra produsen seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak family Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke bermacam konsumen. Skill menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, & sebagainya tapi masa ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan dekorasi masjid, gedung, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di Negeri Kita & luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya adalah hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin membantu para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi internet amat membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bontang. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan kuningan ke semarang.



Contoh Seni Tembaga adalah robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli juga dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki desain pribadi kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn saja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan amat bervariasi tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini adalah lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal disebabkan bahan yg dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja auto dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lain, industri Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat mendapatkan harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif & diharuskan menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar mendapatkan orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah namun telah merambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang ukiran kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari jakarta utara. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin mengerti cara untuk menghasilkan seni tembaga yg bermutu & cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar