Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Banggai Laut

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Banggai Laut . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tsb diketahui sbg pusat pengrajin kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Jawa Tengah membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Skill mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, dan sebagainya tetapi kini telah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi cafe, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dg naiknya pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di NKRI dan manca negara. Pesanan kerajinan kuningan bertambah begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya ialah hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke kediri. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sibolga.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan sangat beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini ialah banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya auto dikenai biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt mendapat harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diwajibkan kreatif dan diwajibkan menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk sekedar mendapat pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang ukiran kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk sekedar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari sorong. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti teknik guna memproduksi seni kuningan yang ber-quality dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar