Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Ponorogo

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Ponorogo . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa Tumang tsb diketahui sbg sentra pengusaha seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak family di sana membangun usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekedar membuat alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, serta lainnya tetapi sekarang ini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior restoran, gedung, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai menarik dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu berkembang pesat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya merupakan adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi internet maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah serta berbagai negara. Teknologi internet sangat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke subulussalam. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke sorong.



Contoh Kerajinan Logam merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Pembeli juga dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam tembaga sangat beragam tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini merupakan banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu harganya juga murah disebabkan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu akan dikenai biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lainnya, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tsb, perajin kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tdk sekedar memperoleh orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tetapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang ukiran kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekedar satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center tsb maka kemudian mjd sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari sabang. Bermodal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk membuat seni logam yang berkelas serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar