Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Tapanuli Selatan

Ahli Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Tapanuli Selatan . Perkampungan Tumang, Cepogo terletak di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg terkenal . Perkampungan tsb diketahui sbg pusat industri seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo. Lebih dari satu family Tumang membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, juga lain-lain walau demikian saat ini telah beralih ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior hotel, rumah, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo, saat ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Negeri Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan logam mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan menolong para produsen kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke salatiga. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke solok.



Contoh Seni Tembaga ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Konsumen jg dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini ialah lebih dari satu variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentunya harganya semakin murah karena bahan yg dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentunya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya tentunya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Problem lainnya, ahli Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dapat menerima harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh karena tsb, produsen kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diharuskan kreatif juga diharuskan memantau keinginan masyarakat. Sekarang AA Gallery nggak sekadar menerima pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel namun telah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai desain kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari pasuruan. Dengan bekal pengalaman puluhan thn menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk menghasilkan kerajinan kuningan yg berkualiti juga sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar