Rabu, 04 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Enrekang

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Enrekang . Desa Tumang, Jateng berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal . Desa tersebut disebut sbg pusat perajin seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Boyolali-Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai konsumen. Skill mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekedar membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, baskom, juga lain-lain tetapi kini telah mengubah haluan ke kerajinan kuningan untuk keperluan asesoris hotel, rumah, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Negeri Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah juga banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pekalongan. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta selatan.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Customer juga bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan begitu bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yaitu beberapa variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal sebab bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya semakin murah sebab bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya semestinya otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, pengrajin Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa meraih harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga harus inovatif juga harus memantau permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tdk sekedar meraih permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan interior rumah tapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk sekedar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari dumai. Bermodal pengalaman puluhan th menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah tahu metode untuk membuat seni logam yg berkualitas juga cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar