Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Cianjur

Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Cianjur . Perkampungan Tumang, Jateng terletak di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal . Perkampungan tersebut diketahui sebagai pusat ahli seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Jateng. Lebih dari satu saudara Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, & sebagainya walau demikian sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, rumah, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, saat ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Negara Kita & manca negara. Permintaan kerajinan kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka mau membantu para ahli kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah & manca negara. Teknologi internet membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tual. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Seni Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt punya desain sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan bermacam-macam walau demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Antara lain ini yakni beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal sebab bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini semestinya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lainnya, pengusaha Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dpt meraih harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif & diharuskan memantau keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak sekadar meraih pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah tetapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekadar satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari palangkaraya. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham teknik untuk membuat kerajinan tembaga yang berkualitas & cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar