Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Lampung Utara

Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Lampung Utara . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Desa tsb disebut sbg pusat pengrajin seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak family Boyolali memilih kerja di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke beragam pasar. Skill mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, & lainnya tapi masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam buat kebutuhan dekorasi restoran, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari beragam daerah di NKRI & manca negara. Orderan kerajinan kuningan meningkat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para perajin kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat. Nggak hanya itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta timur.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa mempunyai design pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu beragam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini yakni beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lainnya, pengrajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, ahli kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan wajib inovatif & wajib menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery nggak hanya memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor tetapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari bandaaceh. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk memproduksi kerajinan logam yang memiliki kualitas & sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar