Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Musi Rawas Utara

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Musi Rawas Utara . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa tsb dikenal sbg sentra perajin seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali-Jateng membangun kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Skill mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, alat merebus air, and lainnya tetapi saat ini sudah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen cafe, rumah, and lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai bergairah dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal maupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di Indonesia and manca negara. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin menolong para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke semua wilayah and manca negara. Teknologi website amat menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke pontianak. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tangerang selatan.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, and lainnya. Konsumen jg dapat memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan amat bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu saja semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Problem lain-lain, industri Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat meraih harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan kreatif and diwajibkan memantau permintaan pasar. Masa ini AA Gallery tak sekadar meraih pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai desain kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari denpasar. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin paham metode untuk memproduksi kerajinan logam yang ber-quality and sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar