Rabu, 04 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Pasar Kota Mojokerto

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Pasar Kota Mojokerto . Desa Tumang, Jateng berlokasi di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur . Desa tersebut dikenal sebagai pusat ahli seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa keluarga di sana memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn hanya membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, juga lainnya tetapi kini sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan dekorasi restoran, kantor, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang ini, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari bermacam daerah di Negeri Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah juga berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bekasi. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jogja.



Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Pembeli juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam begitu beragam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini yaitu banyak faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi karena bahan baku yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini semestinya harganya jg murah karena bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari daerah lain semestinya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Kendala para industri kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lain-lain, industri Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan memantau permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya memperoleh orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel namun sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari solok. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin tahu cara guna membuat kerajinan kuningan yg ber-quality juga sesuai yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar