Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sijunjung

Pengrajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sijunjung . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg pusat pengrajin seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga di sana mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam pasar. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, & sebagainya walaupun demikian sekarang ini sudah beralih ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan asesoris restoran, gedung, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di NKRI & manca negara. Pesanan kerajinan tembaga semakin begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet cukup membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pekalongan. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke baubau.



Contoh Seni Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Pembeli jg dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga cukup beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal karena bahan yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil semestinya harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya akan ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dpt memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, pengusaha kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga harus inovatif & harus memantau permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk sekedar memperoleh pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tetapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk sekedar satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari batu. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti cara untuk membuat kerajinan logam yang memiliki kualitas & sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar