Rabu, 04 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Belitung

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Belitung . Perkampungan Tumang, Boyolali lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tsb diketahui sebagai sentra industri seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Banyak family Cepogo-Jawa Tengah memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, alat merebus air, serta lainnya walau demikian saat ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan dekorasi restoran, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali, masa ini, mulai bergairah dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Tercinta serta manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga bertambah sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi internet maka mau membantu para industri kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah serta berbagai negara. Teknologi internet cukup membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke palopo. Tidak cuma tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke tegal.



Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan cukup bervariasi walau demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain ini yaitu banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lain, industri Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dapat mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan selera pasar. Sekarang ini AA Gallery tak cuma mendapat pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel tetapi telah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Tentang desain kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak cuma satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari makassar. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham cara guna memproduksi kerajinan logam yang ber-quality serta cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar