Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Perajin Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bolaang Mongondow Utara . Perkampungan Tumang, Boyolali terletak di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tersebut disebut sebagai sentra ahli seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada publik Tumang, Boyolali. Banyak family di sana mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Keahlian menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, dan sebagainya walaupun demikian sekarang sudah mengubah haluan ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi restoran, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali, kini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di NKRI dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga meningkat begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi internet amat menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke mojokerto. Tak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bontang.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yaitu lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan tembaga amat beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yaitu lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal karena bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya akan ditambah ongkir.

Kendala para produsen kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lainnya, produsen Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan selera pasar. Sekarang AA Gallery tak sekedar mendapatkan orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel namun sudah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai desain kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekedar satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari denpasar. Dengan bekal pengalaman puluhan th membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik untuk membuat kerajinan tembaga yang ber-quality dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar