Rabu, 04 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Pringsewu

Industri Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Pringsewu . Desa Tumang, Jateng posisinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Desa tersebut dikenal sbg sentra ahli kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada masyarakat Tumang, Jateng. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jateng membangun usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, juga sebagainya akan tetapi masa ini telah berganti ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior hotel, kantor, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, kini, mulai menarik dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Tercinta juga luar negeri. Orderan kerajinan logam mengalami kenaikan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya adalah munculnya teknologi cyber. Dgn munculnya teknologi website maka ingin menolong para industri kerajinan logam untuk menawarkan produknya ke semua daerah juga manca negara. Teknologi website cukup menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke binjai. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke kendari.



Contoh Seni Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam tembaga cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini adalah banyak parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan yg dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dipakai semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu auto dikenai biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Problem lainnya, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa memperoleh harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif juga diharuskan memantau keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak sekedar memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior rumah tapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang design kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan nggak sekedar satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari bengkulu. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk memproduksi seni tembaga yg memiliki kualitas juga cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar