Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kota Padang

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kota Padang . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Desa tersebut diketahui sbg pusat perajin seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Cepogo memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, and lainnya walau demikian masa ini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan dekorasi restoran, gedung, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita and luar negeri. Permintaan kerajinan logam meningkat begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya ialah munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah and manca negara. Teknologi website sangat menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke jayapura. Tdk sekedar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke ternate.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai desain sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat beragam walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ialah beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lain-lain, perajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dpt memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan harus inovatif and harus menyesuaikan selera prospek. Kini AA Gallery nggak sekedar memperoleh orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel namun sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekedar satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari jakarta utara. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna memproduksi kerajinan tembaga yang berkelas and sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar