Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Magelang

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Magelang . Desa Tumang, Cepogo terletak di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tersebut dikenal sbg sentra pengrajin seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara Tumang memilih usaha di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan lain-lain walaupun demikian sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam tembaga buat keperluan ornamen restoran, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai bergairah dgn naiknya pesanan, baik pesanan lokal dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga semakin sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan kuningan buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke padang panjang. Nggak cuma itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bandar lampung.



Contoh Seni Logam adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki design pribadi selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan begitu bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini adalah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lainnya, perajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau selera pasar. Kini AA Gallery tdk cuma meraih pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan interior rumah tapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk cuma satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari pontianak. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu metode guna menghasilkan kerajinan tembaga yang ber-quality dan cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar