Rabu, 04 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Probolinggo

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Probolinggo . Desa Tumang, Boyolali-Jateng posisinya diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal itu. Desa Tumang tsb diketahui sbg sentra produsen kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak keluarga Boyolali mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, dan lain-lain namun sekarang ini sudah berganti ke kerajinan logam buat kebutuhan asesoris masjid, gedung, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, akhir-akhir ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya merupakan adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi website memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg terbantu merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kutai kartanegara. Tdk cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke gorontalo.



Contoh Kerajinan Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Customer juga dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa punya rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan kuningan bervariasi namun AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini merupakan banyak parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para industri kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lain-lain, industri Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dapat memperoleh harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga wajib kreatif dan wajib menyesuaikan selera masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak cuma memperoleh orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi kantor namun sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak cuma satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari surabaya. Berbekal pengalaman puluhan thn berkarya seni logam, AA Gallery semakin paham cara guna menghasilkan seni logam yg berkelas dan sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar