Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Dairi

Pengrajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Dairi . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Desa Tumang tsb dikenal sebagai pusat bisnis kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa keluarga Jateng memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Keahlian menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, serta lain-lain tapi kini telah berganti ke kerajinan logam untuk kebutuhan asesoris hotel, gedung, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, baru-baru ini, mulai bergairah dg meningkatnya orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Negeri Kita serta manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke semua wilayah serta manca negara. Teknologi website amat menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke semarang. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jambi.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Customer juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan tembaga amat bervariasi tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Antara lain ini yakni banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi karena bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari wilayah lain tentunya akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam harus inovatif serta harus menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar mendapat orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel tetapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari pangkal pinang. Bermodal pengalaman puluhan tahun membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik guna memproduksi seni tembaga yang berkualitas serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar