Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Kendari

Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Kendari . Perkampungan Tumang, Jateng terletak di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tsb disebut sebagai pusat produsen seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Jateng. Beberapa saudara Cepogo-Jawa Tengah memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam pasar. Skill menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, dan lainnya walaupun demikian saat ini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris restoran, kantor, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jateng, sekarang, mulai menarik dgn naiknya pesanan, baik pesanan lokal maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negeri Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya merupakan munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi internet memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke solok. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke madiun.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat punya rancangan sendiri lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan bervariasi walaupun demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Antara lain ini merupakan lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi karena bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja auto ditambah biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lain-lain, pebisnis Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam wajib kreatif dan wajib menyesuaikan selera masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tdk sekedar menerima pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan interior rumah tetapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari mataram. Bermodal pengalaman puluhan th berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti teknik guna menghasilkan seni kuningan yang memiliki kualitas dan sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar