Rabu, 04 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kota Palembang

Bisnis Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kota Palembang . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tersebut disebut sbg sentra pengusaha kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak saudara Cepogo-Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, juga lain-lain tapi kini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan eksterior cafe, kantor, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan daerah dan juga internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Tercinta juga luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya ialah hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka akan menolong para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke parepare. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sungaipenuh.



Contoh Seni Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan begitu bervariasi tapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Problem lainnya, pengusaha Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan wajib kreatif juga wajib menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar mendapat orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel namun sudah bertambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari sorong. Bermodalkan pengalaman puluhan thn berkarya seni logam, AA Gallery semakin tahu cara untuk memproduksi seni logam yang ber-quality juga sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar